Wapres Jusuf Kalla akan hadiri APEC Leaders's Meeting di Peru

Wapres Jusuf Kalla akan hadiri APEC Leaders's Meeting di Peru
APEC
 
NASIONAL (RA) - Wakil Presiden (Wapres) Jusuf Kalla akan bertolak ke Lima, Peru, untuk menghadiri Asia-Pacific Economic Cooperation Economic Leaderss Meeting (AELM), Kamis (17/11). Jusuf Kalla berangkat ke Peru ditemani istri Mufidah Jusuf Kalla, Menteri Perindustrian Airlangga Hartato, menggunakan pesawat Boeing Business Jet (BBJ) 2, dari Bandara TNI AU Halim Perdana Kusuma, sekira pukul 10.00 WIB.
 
Jusuf Kalla diperkirakan tiba di Pangkalan Udara Militer ALAR 2, Lima, Peru, pada Jumat (18/11) pukul 05.44 Waktu Setempat (WS) setelah transit di Guam, Honolulu, dan Acapulco dan menempuh penerbangan selama 25 jam 44 menit.
 
Sebelum menghadiri rangkaian kegiatan AELM, Jusuf Kalla dijadwalkan akan melakukan pertemuan bilateral dengan Presiden Republik Sosialis Vietnam Truong Tan Sang dan Perdana Menteri Papua Nugini Peter ONeill.
 
Hari ke-tiga kunjungan, Sabtu (19/11), politikus senior Golkar ini dijadwalkan melakukan rangkaian kegiatan AELM, di antaranya APEC Business Advisory Council (ABAC) Dialogue, Second Informal Dialogue with the Pacific Alliance, dan Informal Dialogue with Facebook CEO, Mark Zuckerberg, di Grand National Theater. 
 
Di hari juga dijadwalkan menghadiri jamuan santap malam dan pertunjukan seni budaya oleh Presiden Republik Peru Pedro Pablo Kuczynski dalam rangka menyambut Kepala Negara atau Pemerintahan, di Park of the Reserve.
 
Sementara di hari keempat, Minggu (20/11) bertempat di Lima Convention Center, Jusuf Kalla dijadwalkan menghadiri the 24th AELM yang tahun ini mengambil tema 'Quality Growth and Human Capital Development: Foundations for Sustainable Growth in The Asia-Pacific'. 
 
Di samping itu juga akan menghadiri First APEC Leaders' Treat: 'Challenges to Free Trade and Investment in The Current Global Context', Second APEC Leaders' Retreat: 'Food Security, Climate Change Adaptation and Access to Water' dan 'Integrating The Asia-Pacific: Towards A Real and Functional Connectivity in The Region', serta Adoption of The 24th APEC Leaders' Declaration. Sore harinya, mengakhiri seluruh rangkaian acara AELM, Wapres dijadwalkan menghadiri Upacara Penutupan.
 
Di hari keenam, Selasa (22/11), Jusuf Kalla dijadwalkan bertolak dari Lima, Peru, untuk kembali ke Jakarta. Setelah melakukan transit di Los Angeles, Honolulu, dan Guam, dijadwalkan tiba Jumat (25/11) pukul 00.30 WIB di Bandara TNI AU Halim Perdana Kusuma.
 
Pada APEC 2016, terdapat tiga isu utama yang menjadi kepentingan nasional dan perlu ditindaklanjuti, yaitu: kelanjutan pembahasan mengenai kerjasama regional untuk pembangunan di pedesaan dan pengetasan kemiskinan (rural development and poverty alleviation/ RDPA), penerapan Cetak Biru Konektivitas APEC (APEC Connectivity Blueprint 2015-2025) dan penguatan kerjasama bidang maritim. (merdeka.com)
Ikuti RiauAktual di GoogleNews

Berita Lainnya

Index